Construct 2 | Behaviour, Insert New Object (Sprite)
Hallo Sahabat blogger, pada hari yang cerah ini galiilmu1 akan membagikan tutorial tentang construct 2. Pada postingan artikel sebelumnya telah menjelaskan tentang bagaimana cara membuat file baru dan menampilkan “ Hello Word” yang sangat sederhana bahkan sangat dasar.
Baiklah langsung saja kemateri tutorialnya yang pertama Insert New Object.
Pertama. Kita membuat file baru yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya. Anda dapat juga membuat layout baru pada project hello word seperti pada gambar dibawah.
Baca Juga : Cara membuat file baru | Hello Word.
Klik Kanan pada project hello word dan pilih Add Layout maka akan muncul popUp pilih Add event sheet dan beri nama Lay_Sprite.
Langkah Kedua. Ubah settingan pada Layout Properties -> Layout Size menjadi 854, 480.
Langkah Ketiga. Klik kanan pada Layout dan pilih Insert new Object dan pilih Sprite.
Pada Name when inserted : sprite_stikman (*anda dapat merubah sesuai dengan keingan anda).
Kemudian klik Insert.
Setelah anda memilih insert, maka akan muncul popUp seperti gambar dibawah. Tujuan popUp tersebut adalah untuk mengambil object yang akan kita gunakan dalam layout/ layar.
Kemudian klik tombol Open dan pilih object. Disini galiilmu menggunakan object stikman.
Setelah object di inputkan, klik close. Maka akan muncul pada layout.
Kemudian disini kita membutuhkan alas untuk berjalan. Kita akan melakukan langkah yang sama klik kanan -> Insert New Object kemudian pilih tiledbackground gunanya untuk background dan juga alas saat berjalan.
Klik Insert dan klik pada layout.
Selanjutnya pilih rectangle kemudian pilih warna hijau atau sesuaikan keinginan dan plih fill. Kemudian close. Seperti pada gambar.
Jika sudah maka sesuaikan
Selanjutnya kita akan membuat sprite stikman dapat kita gerakan. Maju, mundur dan lompat seperti game mariobross. Jika telah di sesuaikan maka langkah pertama adalah menambahkan behavior platform pada sprite_stikman dan behavior solid pada alas berwarna hijau.
Pertama. Klik pada sprite_stikman lalu pada properties pilih Behavior dan Pilih edit.
Setelah itu akan ada popUp pilih tombol “+” /(add New). Kemudian pilih Platform à Add. Maka akan seperti pada gambar.
Langkah selanjutnya untuk alas hijau atau tiledbackground lakukan langkah yang sama seperti sprite_stikman.
Klik Alas hijau à properties à behavior à Add New à pilih Solid
Jika langkah tersebut telah selesai dan sesuai pada gambar dan tidak ada error. Maka anda dapat Menjalankan aplikasi anda dengan memilih icon Play/Run Layout pada bagian atas.
Setelah di jalankan maka anda dapat menggerakkan menggunakan tombol arah pada keyboard anda.
Seperti itulah gambaran tentang game platform yang sangat dasar. Anda dapat mendesain Sprite anda sendiri atau anda dapat mencari sprite pada internet seperti pada mesin pencarian atau pada alamat Kenney yang menyediakan sprite dan bahan bahan yang diperlukan untuk membangun sebuah game.
Untuk tutorial selanjutnya galiilmu1 akan memposting tentang event yang digunakan atau bahasanya adalah coding atau logika sehingga game yang kita buat dapat berjalan seperti yang kita inginkan. Selain itu galiilmu1 akan memposting tentang cara berpindah dari satu layout ke layout lain.
Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga dapat membantu anda dalam belajar membangun sebuah game. Kunjungi terus Galiilmu1.blogspot.com untuk mendapatkan materi atau hal yang menarik dalam menambah ilmu pengetahuan.
“Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya.” – Johann Wolfgang von Goethe.
Baca juga : Dasar Android Studio | Menampilkan “Hello World”.
No comments:
Post a Comment